Profil Program Studi

Sejarah

Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupaten Cilacap. Keberadaan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini sebagai salah satu program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap yang didirikan  pada tahun 2015 sebagai bentuk pengembangan program studi Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap yang didirikan pada tahun 1997 melalui Nomor SK PT : E/86/97.

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ini mempunyai orientasi visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik yang ditentukan, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi pasar kerja yang kelak akan memanfaatkan output itu, baik di kalangan internal NU maupun masyarakat umum.

VISI

Untuk menjawab kebutuhan pasar sekaligus dimilikinya kecakapan akademik yang ditentukan, maka visi yang diemban oleh Prodi PIAUD  adalah “Menjadi Program Studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan nilai-nilai keislaman dan keilmuan untuk menyiapkan pendidik anak usia dini yang berdaya saing dan profesional.”. Dengan cara ini, diharapkan output yang dihasilkan berupa sarjana PIAUD yang tidak hanya mempunyai kemampuan yang memadai di bidang ilmu-ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, tetapi juga di bidang pendidikan agama Islam.

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan misi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang berorientasi pada mutu dan nilai-nilai keislaman;
  2. Mengembangkan PIAUD yang berwawasan ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni (IPTEKS) serta berakhlakul karimah;
  3. Melakukan penelitian di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini;
  4. Meningkatkan peran serta program studi PIAUD dalam pendidikan anak di masyarakat;
  5. Meningkatkan kerja sama di bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

TUJUAN dan SASARAN

Adapun sebagai sasaran dan tujuan dari penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini ini adalah:

  1. Menghasilkan calon guru/pendidik PIAUD;
  2. Menghasilkan peneliti yang produktif dan berwawasan Islam dalam bidang pendidikan anak;
  3. Menghasilkan konselor pendidikan anak.