Workshop Koreografi Tradisional

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMPS PIAUD) Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap, akan menggelar kegiatan pelatihan tari bagi guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Alghazali Lantai 3 Kampus IAIIG Cilacap pada tanggal 23 Maret 2019 mendatang.

“Kegiatan tersebut dalam rangka membangun  pendidikan karakter dan pekerti bangsa yang dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal,” kata Ketua Program Studi PIAUD IAIIG Cilacap, Indra Rukmana, S.Pd., M.Sn.

Menurutnya, kegiatan kreasi seni tari tersebut merupakan agenda yang nantinya akan dibuat rutin untuk dilaksanakan oleh HMPS PIAUD. Melalui pelatihan kreasi seni tari, para guru dilatih untuk mengembangkan beragam seni tari tradisional yang ada di Indonesia. Pesertanya terdiri dari  guru PAUD, RA dan TK se-Kabupaten Cilacap.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, agar para peserta memiliki kemampuam membuat kreasi seni dan tari tradisional. Sehingga tarian yang ada bisa ditambah dengan kreasi seni mereka.

Para guru dituntut untuk bisa membuat kreatifitas yang baik. Nanti hasilnya bisa diajarkan ke guru lain dan siswanya langsung.

“Nanti ditahun mendatang baru kita festivalkan hasil karya mereka untuk siswanya agar tampil. Harapannya, agar para guru memiliki kreatifitas dimana mengembangkan kreasi seni tari dan bisa mengembangkan dan membina di sekolahnya masing-nasing,” terangnya.